sentraBLOG

Bersama Untuk Berbagi

Tugas III Bhs.Indonesia : Penggolongan Paragraf

Paragraf berdasarkan metode pengembangannya tergolong atas :

1. Metode definisi
      Metode ini mendefenisikan maksud dan tujuan dari penulisan pada awal paragraf, contohnya :

      internet (kependekan dari interconnected-networking) adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Sedangkan Internet (huruf 'I' besar) adalah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian komputer tersebut dinamakan internetworking. Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol tersebut, ialah email, Usenet, Newsgroup, File Sharing, WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog.



2. Metode sebab-akibat
      Metode paragraf yang menuliskan sebab dan akibat dari sebuah masalah pada awal paragraf, contohnya :

      Membuang sampah sembarangan salah satu contoh perbuatan yang dapat merusak lingkungan karena dapat menyebabkan banjir. Selain itu juga dapat membuat lingkukngan sekitar menjadi tidak nyaman karena bau yang tidak sedap yang dihasilkan dari sampah yang menumpuk dan membusuk. Pemerintah sudah sering melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Namun masih ada saja masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya, sepertinya mereka belum menyadari dampak yang dapat ditimbulkannya.



3. Metode proses

      Metode paragraf yang menjelaskan langkah demi langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang dituliskan pada awal paragraf, contohnya :

      Sangat mudah untuk membuat sebuah akun di blogger, berikut ini langkah - langkahnya:
a. Terlebih dahulu anda harus mempunyai akun email boleh gmail, yahoo mail, atau yang lainnya
b. Selanjutnya buka www.blogger.com kemudian pilih "Get Started".
c. Maka akan muncul halaman formulir untuk pembuatan akun, isikan data anda pada halaman ini kemudian    pilih "Continue"
d. Pada halaman selanjutnya masukkan alamat blog yang anda inginkan, misalnya sentrablog maka otomatis akan menjadi sentrablog.blogspot.com (blogspot adalah domain dari blogger).
e. Kemudian halaman berikutnya akan meminta anda memilih sebuah template untuk tampilan blog anda.
f. Selesai.



4. Metode contoh
      Metode penulisan yang memberikan beberapa contoh pada awal paragraf, contohnya :

      Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan adanya www.facebook.com adalah dapat menjalin pertemanan dengan siapa saja diseluruh dunia, dapat mencari teman yang sudah lama tidak pernah terhubung, mencari pacar tentunya, meningkatkan income (bagi yang berdagang) dengan memasang iklan yang diarahkan tepat sasaran, dan masih banyak lainnya. Dimana facebook kini sudah menjadi trend masyarakat dan bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari - hari.


5. Metode klasifikasi

      Metode paragraf yang menggolongkan suatu bagian pada penulisan diawal paragraf, contohnya :

      Manusia dapat digolongkan atas beberapa RAS, seperti : Ras Khoisan (orang Bushmen atau Hottentot dari Afrika Selatan), Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara "Asli", orang Papua, dan orang Australia), Ras Negroid (Kulit Hitam), Ras Kaukasoid (Kulit Putih), Ras Mongoloid (Kulit Putih). Penggolongan ini tidak hanya melihat ke warna kulit saja tetapi juga melihat aspek-aspek lainnya. Ternyata anggota "tertua" ras manusia berada di antara kaum Khoisan, mereka juga berbeda dengan kaum kulit hitam dari Afrika lainnya. Sementara itu sebenarnya hanya ada dua perbedaan utama, yaitu orang Afrika dan orang non-Afrika. Kemudian orang-orang berkulit hitam di daerah Asia Tenggara yang pada zaman dahulu kala mendiami seluruh India Selatan, Asia Tenggara sampai ke Australia, ternyata setelah DNA-nya diteliti lebih mirip dengan orang dari ras Mongoloid daripada Negroid, meski banyak yang berambut keriting dan berkulit hitam. Kesimpulan yang bisa ditarik ialah hanya bahwa pengetahuan kita mengenai ras manusia masih diliputi banyak ketidakjelasan.

0 comments:

Posting Komentar

Blog ini sudah dofollow, Tinggalkan komentar anda pada postingan ini dan Dapatkan BackLink Gratis ke Website/Blog anda. NO SPAM Please!!

 
PageRank Checking Icon Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!