sentraBLOG

Bersama Untuk Berbagi

Lebih Baik Mana Anti Virus Atau Deep Freeze ?

Ya, pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang detail "Lebih baik menggunakan anti virus atau deep freeze???". Sebagai pengguna komputer kita diharuskan untuk selalu siap mana kala komputer ( PC ) kita mengalami kerusakan ( kerusakan software ). Rusaknya software tersebut bisa diakibatkan oleh berbagai sebab, bisa karena virus, masa trial version software tersebut habis, atau karena software tersebut di crack dan ketahuan sama yang punya. Itu masih mending jika software aplikasi yang rusak, bagaimana jika yang error adalah sistem operasinya??? Kalau gak ada data yang penting sih gak masalah tapi gimana kalau datanya penting semua, wahh bisa kebakaran jenggot nih...hehehe. Tapi tidak perlu khawatir, karena disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara mencegah dan menghindari itu semua.

Kita mulai dari Anti Virus.
Antivirus merupakan software terpenting bagi komputer ( menurut saya TIDAK, nanti saya jelaskan ), saat ini produsen antivirus sudah mengeluarkan kehebatannya masing - masing, lihat saja Kaspersky mereka telah mengeluarkan Kaspersky Internet Security versi 2011, sama seperti produsen antivirus lainnya. Antivirus yang kita harapkan adalah antivirus yang tidak asal saja menghapus file - file yang mungkin dikiranya virus, bisa saja file tersebut bukan virus dan jika dihapus malah membuat error aplikasi lainnya. Contohnya software crack-an, jika ketemu Norton maka dia langsung di delete selamanya...hehehe.

Lanjut Ke Deep Freeze.
Keunikan software ini adalah mampu membekukan drive harddisk, dan jika komputer direstart maka file - file sistem akan kembali ke semula. Software ini banyak kita temukan di warnet - warnet.

Oke, jadi bagaimana jawabannya??? Mana yang lebih baik, Antivirus VS Deep Freeze ??

Langsung saja kita ke pokok permasalahnya :
  1. Kalau anda menggunakan antivirus, maka data - data anda memang benar aman. Tapi bagaimana jika anda ingin menginstal program yang berbayar sementara yang tersedia hanya crack-an nya saja. Atau anda ingin menginstal sebuah program yang tidak anda kenal dan si Antivirus merespon bahwa program tersebut adalah virus, nah otomatis anda akan memilih allow ( deny acces ) pada antivirus agar program tersebut bisa diinstal, terus bagaimana jika program yang telah anda instal tadi adalah virus ??? nah disini permasalahannya. Anda tidak akan mungkin me removenya karena program tersebut sudah menginfeksi semua file - file sistem bisa jadi antivirus anda juga sudah terinfeksi.
  2. Nah terus bagaimana dong??? Disini saya lebih menekankan untuk menggunakan Deep Freeze. Mengapa?? karena dengan deep freeze anda bisa menginstal program - program yang tidak anda kenal ( seperti diatas ) terserah mau dia virus atau tidak, toh setelah komputer restart program yang kita instal tadi akan hilang dan komputer akan kembali seperti semula. Jika anda sudah yakin bahwa program yang akan anda instal bersih dari virus, maka anda boleh membuka deep freeze nya ( Boot Thawed ).
Contoh Kasus :
Belakangan ini saya suka mencari software untuk hacking facebook, nah diinternet tersedia ratusan software yang mengklaim bisa melakukan hack facebook padahal hanya omong kosong, malah didalam software tersebut disisipkan virus trojan. Nah pada saat akan menginstal software tersebut antivirus saya langsung merespon virus, langsung saja saya pilih allow ( software tersebut diizin kan untuk dijalakan ) karena saya belum yakin bahwa itu adalah virus. Tapi benar, dua setelah diinstal, komputer saya malah lemot ( lelet ) dan hampir semua file tidak bisa dibuka, jalan satu - satunya adalah instal ulang padahal di drive C banyak data yang peting. Kejadian ini sudah berkali - kali saya alami bahkan hampir setiap minggu harus instal ulang, huft... Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Deep Freeze dari pada Antivirus.

Berikut ini kelebihan deep freeze yang dapat saya tuliskan :
  1. Mampu membekukan sistem drive pada komputer
  2. Komputer serasa baru diinstal walaupun sudah lama karena file - file sistem tidak ada yang berubah
  3. Yang paling saya suka adalah mampu mengatasi trial version Internet Download Manager ( IDM ) TANPA Crack. Wahh udah panjang nih tulisannya, udahan ya cape nih ngetiknya. hehehe..
NOTE : MEMBUAT IDM FULL VERSION DENGAN LICENSI ANDA SENDIRI TANPA CRACK BACA DISINI
    Semoga bermanfaat, salam sentraBLOG



    30 comments:

    saka hero mengatakan...

    Kalo bisa pasang dua-duanya :)
    Tempatku pake dua-duanya sob biar lebih aman

    Ferdinand mengatakan...

    aku sih 22'y Sob... cuma klo Deep Freeze aku jarang make.....hhe...

    Semangat n Sukses slalu!!

    Koko Bota mengatakan...

    dua² nya harus di pakai kang biar lebih aman hehheee...:))

    mixedfresh mengatakan...

    kelebihan yang no.3 tu yang aku butuhkan

    DO mengatakan...

    Masalahnya bagaimana dengan file folder yang lupa diback up, apalagi file kerjaan. masa iya harus hilang hanya karena kelupaan menonaktifkan deepfreezenya.

    ajurNA mengatakan...

    kalau aku malah pake AV yang sudah expired karena gak pernah diupdate. dulu pernah make deep tapi karena musibah kompi dipake ayah dan filenya disimpan di file sistem (drive C)karena dikira lebih aman tapi malah hilang.sejak itu gak pake agi dech.....

    Bang Ngangan mengatakan...

    salam jumpa sobat.......
    saya sih lebih suka pake deeprez
    mungkin karena malez za updte antivir
    he,,,,


    senang bisa saling kunjung ma sampean

    TUKANG CoLoNG mengatakan...

    saya inget2 deh nama aplikasinya, siapa tau entar perlu

    ars network mengatakan...

    izin mampir..mas..Thanks

    wans mengatakan...

    bung kayaknya lebih bagus pakai linux deh.........

    YRCI mengatakan...

    Setuju banget tuh Gan..! saya juga mau seperti itu Gan. Makasih masunnya....!!! Bravo SentraBlog

    Admin sentraBLOG mengatakan...

    @ wans : stuju banget pake linux,,, tapi satu kekurangan linux di laptop saya, yaitu tidak bisa mendetect wireles... semua distro linux sudah saya coba tp tetap aja...
    atau bos wans punya solusi..
    heheh..

    @ YRCI : thanks bravo nya... hehehe

    mudah lesu mengatakan...

    bang kl anti virus yang mantab yang mana nih? antivirus belakangan ini semua aplikasi banyak dianggap virus jadi bikin aplikasi ga jalan lagi.

    Admin sentraBLOG mengatakan...

    kalau saya sih lebih memilih dan menyarankan Kaspersky Internet Security 2010, jangan yang 2011 karena ada sedikit perubahan pada KIS 2011..

    Kenapa KIS?? saya kira ini AV yg cocok buat anda, karena setiap ada aplikasi yang menyerupai virus maka dia akan menanyakan dulu, apakah aplikasi ini mau dijalankan atau tidak, tappi jika itu virus dia juga akan selalu siap untuk menghapusnya..
    i love Kaspersky...

    kalau mau download Kaspersky Internet Security Versi 2010 silahkan lihat di menu download - galeri software..

    thanks for your comment and question..

    Andi Wong mengatakan...

    menurut pengalaman gw.. cieee... :D

    ..Deep Freeze itu bagusnya buat PC Server...

    ..kalau utk PC biasa kayak PC workstation ..ya pake antivirus sj... ^^

    alay mengatakan...

    Bagi saya sih mening pake Linux, ga prlu Antivirus cukup set payerwol(dibaca:Firewall), he.....

    Ga prlu "Wendaows :P"

    Fajar mengatakan...

    Emang terasa bro..dengan menggunakan antivirus smakin ribet.

    Ahmad Xpanza Ayen mengatakan...

    lbh bgus antvrus drpd deep!

    Anonymous mengatakan...

    Prefer Deep Freeze,,
    krn kadang suka males update anti virus,
    swalnya kan lama laodingny..

    ngerasa lbih SAFETY aj klo pke deep frezze,
    swalny kn suka coba2 install software,,,

    3 Idiot mengatakan...

    Lebih Baik Deepfreez..
    Bnyk Cara mengelola deepfreez..|
    G perlu Takut Untuk Ke hilangan data ato lupa back up..

    Jd Perlu Pelajari Lebih Dalam Tentang deepfreez..
    mdh2n Mmbantu. heheheheh..

    ayahe mengatakan...

    alhamdulillah warnetku sudah berjalan dua tahun sejak kupasng deep freeze jadi aman.... tapi jangan lupa untuk cek selalu kompie client siapa tahu ada yang usil menonaktifkan deep freeze jadi runyam deh komputerku... deep freeze mang bisa di andalin....

    dmr mengatakan...

    kayanya bagus tu deepfreeze tapi bikin komputer lemot ga ya?

    tahu mengatakan...

    deepfreeze mantap, di ruang komputer semuanya mengunakan deepfreeze, hasilnya sudah 2 bulan masing belum ada yang eror, sebelum dipasang deepfreeze hanya antivirus baru 1 minggu udah eror bikin pusing, sekarang santai......

    Anonim mengatakan...

    gw pake deep freez 6 standart mantap boz
    gw freez Drive C, ngga ada lg windows corup ato bsod, klo perlu matiin kompinya langsung cabut kabel ga perlu shut2 down2 ngga
    virus2 silahkan masuk kalo udah bosen di kompi tinggal di restart trus scan udah deh ilang….. Mantapzzz… tp tetep pake antivirus, kalo mau di update mesti restart dlu...

    tp ati2 ama virus BatamHacker.... bisa bobol Deep freez lhow

    HIDAYAT mengatakan...

    ya juga ya,tapi apakah program deep freeze bisa bikin kompi kita jd berat...

    Hansen JM mengatakan...

    kalo menurut saya, koq mending antivirus ya...
    soalnya kalo deep freeze, emang smuanya beku...

    tapi tetap saja kalo kita mau masukin file kan harus unfreeze...

    nahhh... kalo tidak ada antivirus, kemudian file yang dimasukin ada virusnya, gimana.... komputer kita ga selamat... heee...

    kalo masalah crack2an, itu memang udah wajar sih... crack kan software ilegal...

    saya dulu pernah pake deep freeze, campur KIS 2012. terus nyadar, kalo dicampur, KIS ga bisa update. Tiap update, bakal kehapus kalo matiin komputer.

    harus unfreeze dulu, repot... jadi sekarang cuma pake KIS.

    terus maju blognya mas... :)

    Anonim mengatakan...

    Saya yakin sekarang bukannya zaman pakai deep freeze lagi, sudah banyak beredar software pembobolnya, ( anti deep freeze ) buktinya warnet sebelah pakai deep freeze , semua kompiny adi format ulang, kasihan kan kalo cuma ngandalin deepfreeze, saran saya lebih baik pakai antivirus yang terupdate secara otomatis semacam avira versi 12, firewall comodo dan smadav. pasti ringan banget dan efektif, tidak bikin lemot, dulu saya jg pakai deep freeze, malah file hilang , terpaksa perlu di download lagi, dan lebih celaka file printer juga hilang, setelah di uninstal, tetap error. itu pengalaman saya pakai deep freeze, repotnya lebih banyak ( system thawed )

    ferdy tav mengatakan...

    sangat membantu banget thank ya............

    Khaerun mengatakan...

    salam blogger bro,,,
    postingannya amat membantu dari permasalahan saya (y)

    Rudy Naufall mengatakan...

    hhahahahah orang bego koment anti virus udah ga jaman kalo pake defrezee .....banyak firus tinggal instal ulang gampang ...toh gua org kaya......Anti defrezeee Bego tuh masa ADa anti defrezee sedangkan Ga ada Antii biling OOn lu .....Cuma warnet murahan yg di format Gua pake biling inter national Bukan biling abl abal

    Posting Komentar

    Blog ini sudah dofollow, Tinggalkan komentar anda pada postingan ini dan Dapatkan BackLink Gratis ke Website/Blog anda. NO SPAM Please!!

     
    PageRank Checking Icon Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!