sentraBLOG

Bersama Untuk Berbagi

Perbedaan Virus, Worm, Trojan Horse dan Malicious Toolkits

Virus dan Worm merupakan salah satu program – program yang merusak dan membahayakan pengguna komputer. Jika tidak tahu bagaimana mencegahnya maka siap – siap data - data penting anda akan hilang atau disadap oleh orang lain. Untuk mengungkap bagaimana sejarah dan asal mula worm, anda bisa membaca postingan saya yang ini “ Sejarah dan Asal Mula WORM “.

Istilah "virus" selalu digunakan sebagai suatu acuan umum untuk setiap malcode (program atau script yang dibuat dengan tujuan membahayakan atau merugikan sebuah system komputer), seperti worm, trojan bahkan hoax yang sesungguhnya bukan sebuah virus komputer, berikut adalah beberapa jenis malcode tersebut:

1. Computer virus: merujuk pada program yang memiliki kemampuan untuk ber- reproduksi, menulari program lain dan menjadikan file-file program tertular sebagai file infector.

2. Computer worm: merujuk pada program independen yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari system komputer dan walaupun mampu untuk menulari program lain namun tidak bertujuan untuk menjadikan file tertular tersebutsebagai suatu file infector.

3. Trojan horse: merujuk pada program independen yang tampaknya berguna, dan ketika dieksekusi, tanpa sepengetahuan pengguna, juga melaksanakan fungsi-fungsi yang bersifat destruktif dan merugikan.

4. Malicious toolkits: merujuk pada program yang didesain untuk membantu menciptakan program-program yang dapat membahayakan sebuah system komputer. Contoh dari program jenis ini adalah tool pembuat virus dan program yang dibuat untuk
membantu proses cracking atau hacking.

Dari beberapa keterangan diatas dapat diperjelas bahwa worm adalah suatu algoritma atau program yang mereproduksi diri sendiri dari system ke system dengan menggunakan media penyimpanan atau suatu jaringan. Worm tidak menginfeksi file program lain dengan tujuan menjadikan file terinfeksi tersebut sebagai file infector.

Worm mampu bekerja tanpa interaksi user, bisa merusak sebuah data secara langsung atau menurunkan kinerja system dengan "mengikat" sumber daya system komputer dan bahkan bisa mematikan sebuah jaringan. Berbeda dengan virus yang melakukan infeksi dengan 'menumpang’ pada file program lain, menunggu interaksi user dan menjadikan file terinfeksi sebagai file infector. sentraBLOG.


Referensi : Computer Worm Secret of Underground Coding
www.sentrablog.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Blog ini sudah dofollow, Tinggalkan komentar anda pada postingan ini dan Dapatkan BackLink Gratis ke Website/Blog anda. NO SPAM Please!!

 
PageRank Checking Icon Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!