sentraBLOG

Bersama Untuk Berbagi

Artikel Manajemen Proyek Dan Resiko

Manajemen Proyek Dan Resiko Sistem Parkir Otomatis

Abstrak
Berkembangnya tekhnologi informasi saat ini membuat semua kalangan baik perusahaan/instansi juga harus mengikuti laju perkembangan tersebut. Tak kalah juga dengan sebuah sistem parkir. Dimana diharapkan sebuah sistem parkir yang dapat bekerja secara otomatis tanpa melibatkan tenaga manusia. Dengan adanya sistem parkir seperti ini diharapkan akan dapat mengurangi tingkat kemacetan dalam gedung atau mall-mall besar, dapat mengurangi tindak kriminal karena seringnya terjadi kehilangan kendaraan dalam parkiran dan juga akan mengurangi penggunaan kertas sebagai media untuk pembayaran parkir ( mengurangi dampak pemanasan global dengan adanya isu – isu global warming ).

Pendahuluan
Berkembangnya teknologi informasi saat ini membuat semua kalangan baik perusahaan/instansi juga harus mengikuti laju perkembangan tersebut. Tak kalah juga dengan sebuah sistem parkir. Bagaimana menciptakan sebuah sistem parkir didalam gedung atau mall yang dapat bekerja secara otomatis mulai dari kendaraan masuk sampai dengan kendaran tersebut keluar. Semua pekerjaan itu dilakukan dengan bantuan sensor,dimana sensor ini mampu membaca plat nomor kedaraan. Proyek ini dapat diterapkan untuk perparkiran dalam gedung atau mall – mall.

Pembahasan
  • Proyek Sistem Parkir Otomatis
Sebuah sistem dikatakan otomatis berarti sistem tersebut dapat bekerja sendiri tanpa campur tangan manusia. Begitu juga halnya untuk pembuatan sistem ini, didalam sistem ini digunakan sensor untuk membaca plat nomor kendaraan. Saat kendaraan tersebut akan masuk kedalam gedung, sensor akan membaca plat nomor kemudian data tersebut dikirim dan disimpan dalam database server, selanjutnya data tersebut dikirim ke mesin electronic card untuk disimpan kedalam card. Card tersebut adalah sebagai karcis atau kartu tanda parkir. Begitu juga saat kendaraan akan keluar, setelah sebelumnya membayar parkir didalam gedung kemudian saat akan keluar, kartu parkir dimasukkan terlebih dahulu kedalam mesin electronic card, setelah itu sensor akan membaca plat nomor, kemudian akan mengecek apakah data yang dibaca tersebut ada dalam database server dan apakah data tersebut cocok dengan electronic card yang dimasukkan kedalam mesin electronic card. Jika data cocok maka palang pintu parkir akan terbuka.
Untuk karcis parkir tidak lagi menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Tetapi akan mengunakan electronic card ( seperti kartu atm ). Sementara untuk pembayaran parkir dilakukan didalam gedung. Disini dibutuhkan tenaga manusia untuk mengerjakannya karena menyangkut dengan uang dan pembayaran. Karena biaya parkir untuk tiap kendaraan berbeda – beda dan pemilik kendaraan tersebut juga membayarnya dengan besar uang yang berbeda. Untuk itu penempatan pos – pos pembayaran parkir harus seefektif mungkin.
Sketsa Pengerjaan Proyek :
- Buat Kartu Parkir berbentuk electronic card
- Rencanakan letak ruang server parkir
- Rencanakan letak pintu – parkir (pintu parkir tediri dari bagian sensor dan mesin electronic card)
- Bangun ruangan server dan pintu – pintu parkir
- Tempatkan pos – pos tempat pembayaran parkir didalam gedung atau mall – mall
- Pasang sensor di pintu – pintu parkir
- Pasang mesin electronic card di pintu – pintu parkir
- Bubungkan antara server – sensor – mesin electronic card – tempat pembayaran parkir
- Test akhir
Cara Kerja Sistem Parkir Otomatis :
- Saat Kendaraan Masuk


- Saat Kendaraan Keluar




  • Resiko Sistem Parkir Otomatis
Tak luput dari resiko dan kesalahan kerja, sistem parkir ini juga bisa menimbulkan resiko kerja, baik itu yang berakibat fatal maupun tidak. Resiko – resiko yang dapat ditimbulkan antara lain :
- Pada saat cuaca hujan, sensor sulit untuk membaca nomor plat kendaraan. Kesalahan pembacaan nomor plat dapat berakibat fatal
- Sering terjadi kelupaan membayar parkir didalam gedung/mall, oleh karena itu penempatan pos – pos pembayaran parkir harus seefektif mungkin
- Terjadinya trouble pada sistem jaringan yang akan mengganggu semua kinerja sistem parkir yang dapat berakibat fatal
- Biaya yang dibutuhkan besar baik saat untuk pembuatan, perawatan dan perbaikan sistem parkir ini, untuk itu sistem parkir ini sebaiknya ditempatkan di gedung atau mall – mall besar
- Pengurangan tenaga kerja manusia mengakibatkan bertambahnya jumlah pengangguran

Kesimpulan
Dari semua penjelasan dan cara kerja proyek dan resiko Sistem Parkir Otomatis tersebut, maka dapat dipertimbangkan apakah sistem parkir ini layak diterapkan dan dipakai untuk kebutuhan parkir pada gedung atau mall – mall. Karena proyek ini mempunyai manfaat yang besar dan resiko yang besar juga.






0 comments:

Posting Komentar

Blog ini sudah dofollow, Tinggalkan komentar anda pada postingan ini dan Dapatkan BackLink Gratis ke Website/Blog anda. NO SPAM Please!!

 
PageRank Checking Icon Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!